Jumat, 03 Agustus 2012

Peluang Usaha - Bisnis Laundry

Di berbagai kota besar bisnis laundry sudah tidak asing lagi, banyak banget yang sudah memulainya. Pasti anda juga banyak nemuin bisnis laundry ini udah pakai sistem waralaba. Untuk memperbesar bisnis ini dengan waralaba memang kelihatan lebih gampang dan cepet sukses. Tapi nampaknya untuk waralabain bisnis ini, pasti butuh modal yang banyak kan? Pernahkah anda berfikiran untuk mendirikan bisnis laundry sendiri? Bisnis ini memang terlihat mudah, karena hanya mencuci baju orang-orang. Anda bisa mencontek sistem bisnis laundry waralaba dan anda terapkan di bisnis laundry anda sendiri, insya allah akan sesukses waralaba.


Untuk lokasi anda bisa cari-cari tempat, tempat yang bagus seperti kos-kosan, kampus atau perkantoran. Anak-anak kosan pastinya males banget nyuci baju sendiri. Dan mereka akan mencuci pakaian mereka di tempat laundry. buat orang-orang kantor, mereka tdk punya waktu, mereka juga pasti akan menyerahkan pakaian-pakaiannya ke laundry terdekat.

Dibawah ini adalah persiapan kalau anda mau buat bisnis laundry :

- Lokasi harus strategis, andapun harus memperhatikan harga sewa tempatnya.
- mesin cuci + pengering pakaian. Lihat pula budget anda.
- Alat setrika
- karyawan. Untuk administrasi anda bisa pegang dl sementara.
- biaya operasional seperti pewangi, pelembut pakaian dan detergen. Biaya air, listrik,plastik pembungkus juga hrs dihitung.
- anda membutuhkan peralatan pendukung seperti keranjang baju kotor, rak, gantungan baju & timbangan.

Dibawah ini ada beberapa tips jika anda mau buka bisnis ini :

- anda harus melatih karyawan yang anda rekrut agar mereka bisa ramah kepada pelanggan anda, si karyawan pun harus paham standart pencucian yang baik benar dan tepat waktu.

- buat pembukuan sederhana

- buatlah nota order cucian, anda harus beri logo dan alamat bisnis laundry anda ini

- perbanyaklah belajar mengenai standar pencucian, pengeringan dan penyetrikaan.

- anda harus mempelajari tentang kerusakan pencucian, misalnya warna berubah saat dicuci, luntur dan kusut. Hati-hati mengenai ini, anda bisa saja kehilangan pelanggan, jgn buat mereka kecewa.

- promosi lewat brosur, spanduk-spanduk. Di 3 bulan pertama, anda harus gencar untuk menyebarkan brosur.

- setiap pelanggan yg mengumpulkan 10 nota, kasihlah gratis pencucian, cara ini akan membuat mereka senang dan merekomendasikan bisnis anda kepada teman-teman atau keluarganya.

Anda harus bersungguh-sungguh dalam menjalani bisnis ini, jika terus berkembang maka anda bisa menambah alat cuci anda, dan melayani pelanggan anda lebih cepat dan lebih banyak.

Nah sekarang siapa yang mau menjalani bisnis laundry?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar